Tentang Registry

Tips Registry

Registry adalah database yang digunakan untuk menyimpan pengaturan pada versi 32 bit Microsoft Windows, termasuk Windows 95, 98, ME dan NT/2000. Didalamnya berisi informasi dan setting untuk semua hardware, software, nama user, dan preferensi dari PC. Pengguna dapat melakukan perubahan untuk pengaturan Panel Kontrol, atau File Associations, Kebijakan Sistem, atau software yang diinstal melalui registry dan disimpan dalamnya.

File fisik yang dibentuk registry, disimpan dng cara berbeda tergantung dari versi Windows; Pada Windows 95 & 98 termuat dalam dua file yang tersembunyi di dalam direktori Windows, yang disebut USER.DAT dan SYSTEM.DAT, untuk Windows Me ada tambahannya yaitu CLASSES.DAT, sedangkan pada Windows NT/2000 file tersebut terkandung secara terpisah di% SystemRoot% \ System32 \ Config direktori. Anda tidak dapat mengedit file-file ini secara langsung, Anda harus menggunakan tool yang umumnya dikenal sebagai “Registry Editor” untuk melakukan perubahan apapun.

Struktur Registry

Registry mempunyai struktur hierarki, walaupun terlihat rumit struktur mirip dengan struktur direktori pada hard disk, dengan Regedit yang mirip dengan Windows Explorer.

Struktur registry [font_body] Setiap cabang utama (dilambangkan dengan icon folder dalam Registry Editor, lihat kiri) disebut Hive, dan Hives berisi Keys. Setiap tombol dapat berisi keys lain (kadang-kadang disebut sebagai sub-keys), serta Nilai. Nilai-nilai yang sebenarnya berisi informasi yang disimpan dalam Registry. Ada tiga jenis nilai; String, Binary dan DWORD – penggunaan ini tergantung pada konteks.

Ada enam cabang utama, masing-masing berisi bagian spesifik dari informasi yang disimpan dalam Registry. Mereka adalah sebagai berikut:

* HKEY_CLASSES_ROOT – cabang ini berisi semua file Anda asosiasi pemetaan untuk mendukung drag-and-drop fitur, informasi OLE, Windows pintas, dan aspek-aspek inti dari antarmuka pengguna Windows.
* HKEY_CURRENT_USER – cabang ini link ke bagian HKEY_USERS yang sesuai untuk nama pengguna yg login ke PC dan berisi informasi seperti nama logon, pengaturan desktop, dan pengaturan menu Start.
* HKEY_LOCAL_MACHINE – cabang ini berisi informasi spesifik tentang jenis perangkat keras, perangkat lunak, dan preferensi lain pada PC tertentu, informasi ini digunakan untuk semua nama pengguna yang masuk ke komputer ini.
* HKEY_USERS – cabang ini berisi preferences individu untuk setiap user komputer, setiap user diwakili dengan sub-key SID yang terletak di bawah cabang utama.
* HKEY_CURRENT_CONFIG – cabang ini link ke bagian HKEY_LOCAL_MACHINE yang sesuai untuk konfigurasi perangkat keras saat ini.
* HKEY_DYN_DATA – cabang ini menunjuk ke bagian HKEY_LOCAL_MACHINE, untuk digunakan dengan Plug-&-Play fitur dari Windows, bagian ini dymanic dan akan berubah sebagai perangkat yang ditambahkan dan dihapus dari sistem.

Setiap nilai registri disimpan sebagai salah satu dari lima tipe data utama:

* REG_BINARY – jenis ini menyimpan nilai data biner mentah. Kebanyakan informasi komponen perangkat keras disimpan sebagai data biner, dan dapat ditampilkan dalam sebuah editor dalam format heksadesimal.
* REG_DWORD – Tipe ini merepresentasikan data dengan empat byte nomor dan biasanya digunakan untuk nilai boolean, seperti “0” dinonaktifkan dan “1” diaktifkan. Selain itu banyak parameter untuk device driver dan layanan jenis ini, dan dapat ditampilkan dalam REGEDT32 dalam biner, heksadesimal dan format desimal, atau heksadesimal dan REGEDIT dalam format desimal.
* REG_EXPAND_SZ – tipe data adalah string yang diperluas adalah string yang berisi variabel yang akan digantikan ketika dipanggil oleh aplikasi. Sebagai contoh, untuk nilai berikut, string “% SystemRoot%” akan digantikan oleh lokasi sebenarnya direktori yang berisi file-file sistem Windows NT. (Tipe ini hanya tersedia dengan menggunakan advance registry editor seperti REGEDT32)
* REG_MULTI_SZ – Tipe ini merupakan kelipatan string yang digunakan untuk mewakili nilai-nilai yang berisi daftar atau banyak nilai-nilai, setiap entri dipisahkan oleh karakter NULL. (Tipe ini hanya tersedia dengan menggunakan advance registry editor seperti REGEDT32)
* REG_SZ – Tipe ini adalah string standar, yang digunakan untuk mewakili nilai-nilai teks yang dapat dibaca manusia.

Tipe data lain yang tidak tersedia melalui registry editor standar termasuk:

* REG_DWORD_LITTLE_ENDIAN – A 32-bit little-endian dalam format.
* REG_DWORD_BIG_ENDIAN – A 32-bit dalam format big-endian.
* REG_LINK – Sebuah Unicode symlink. Digunakan secara internal; aplikasi sebaiknya tidak menggunakan jenis ini.
* REG_NONE – Tidak ditetapkan jenis nilai.
* REG_QWORD – A 64-bit.
* REG_QWORD_LITTLE_ENDIAN – A 64-bit little-endian dalam format.
* REG_RESOURCE_LIST – Perangkat-driver daftar sumber daya.

Free Ebook Tips & Trik Registry Windows

Download

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: